Peluang Toko Online Photography di web
Ada request dari Montan menganalisa pembuatan toko online peralatan photography serta peluang marketnya. Kebetulan saya cukup mengamati toko-toko online eks Indonesia.
Toko Peralatan Fotografi di Indonesia
Toko-toko yang menjual peralatan fotografi di Indonesia :
- JPC Kemang, Jakarta. Cukup menyenangkan, karena harga yang ditampilkan merupakan harga sesungguhnya. Barang terbaru dan barang promo langsung kelihatan di depan.
- Toko Digital, Surabaya. Cukup sederhana juga dan langsung mencantumkan harga sesungguhnya. Tapi karena posisi di Surabaya, saya menduga kebanyakan pemesan berasal dari Timur Indonesia.
- Prima Imaging, Jakarta. Peralatan foto profesional. Jadi targetnya pun para fotografer profesional. Sayang, harga peralatan tidak ditampilkan. Contentnya bercabang banyak tapi detail di bagian produknya terlalu sedikit, jadi kadang kurang nyaman juga buat yang tidak mengenal produk tersebut dengan baik. Ada web membership, yang harus di approval sama moderator, yang saya enggak tahu apa gunanya. Karena setelah jadi member pun, saya hanya cuma bisa melihat content khusus untuk member yang terlalu sedikit.
- Oktagon, Jakarta. Websitenya keren, sayang content (terutama produk) sama sekali gak diurus. Mau cari kamera digital … eh gak ada listnya. Untung gak cuma jualan produk. Oktagon emang lebih dikenal sebagai workshop.
- Aneka Foto, Pasar Baru, Jakarta. Dikenal karena memang sudah dari dulu menjual peralatan fotografi dengan harga yang kompetitif. Sayangnya untuk peralatan digital, harganya harus bertarung ketat dengan dua paling atas. Tanpa website pun toko ini paling ramai dikunjungi. Jadi kesannya, websitenya hanya asal ada aja.
- KotaRaya, Jakarta. Toko ini gak punya website, tapi memiliki gerai yang representatif dengan cabang-cabang. Saya tidak mengerti kenapa toko yang begini terkenal di penggemar fotografi tidak punya website.
- Toko FIP. Situsnya tidak berubah sejak lama. Tidak ada informasi apapun didalamnya. Padahal FIP kan mempunyai jumlah gerai terbanyak di Indonesia.
- Bhinneka dan Glodokshop. Tidak mengkhususkan diri menjual peralatan fotografi. Tapi merupakan salah satu sumber potensi untuk membeli kamera digital, dengan berbagai cara pembayaran.
Peluang Toko Online Fotografi yang baru.
- Para penggemar fotografi dan profesional yang sudah mengenal web, akan banyak berkumpul di situs forum fotografi semacam fotografer.net, kamera-digital.com dan yahoogroups. Disitus semacam ini mereka biasanya sharing pengalaman, termasuk dalam hal beli membeli. Peranan website jadi sangat penting kalau mau linknya diomongin orang di forum seperti ini. Bahkan kamera-digital.com di suporteri oleh toko-dgital.com. Nama Pak Albert (pemilik tokodigital.com), udah enggak asing lagi, karena sering ngasih saran dalam membeli.
- Dari beberapa website, mungkin yang paling bagus deskripsi produknya jpckemang dan toko-digital. Hanya, karena copy paste dari situs lain, jadinya bahasa inggris dan masih sama dengan sumber aslinya. Deskripsi produk sangat penting. Informasi teknis peralatan foto semuanya sangat vital buat calon pembeli.
- Cantumkan harga real dan status stock. Jadi kalau dalam rupiah, pastikan aplikasinya di belakang punya buat ngeset kurs dollar. Pembeli akan compare harga. Dan kalau datang ke toko, dia sudah tahu persis gak bisa ditawar lagi.
- Jangan terlalu tertarik pembayaran lewat cicilan kredit. Dari pengalaman, enggak terlalu berhasil. Pembayaran transfer sudah paling ampuh. Paling-paling pembelinya malah datang ke toko.
- Peluang saya rasa akan cukup besar, kalau kita beriklan di google. Mumpung cara beriklan ini masih baru, sebelum yang lain pada sadar.
- Usability. Karena dari semua toko diatas, usability belum dirasa cukup bagus (kecuali oktagon, sayang contentnya kedodoran. Bhinneka sama glodokshop kan enggak mengkhususkan diri.). Dengan ini, mudah-mudahan pengunjung betah untuk melihat-lihat toko online kita.
No comments:
Post a Comment